PENGERTIAN JASA

26 Feb PENGERTIAN JASA

Jasa merupakan segala aktivitas dan berbagai kegiatan atau manfaat yang ditawarkan untuk dijual oleh satu pihak ke pihak lainnya yang secara esensial jasa ini tidak berwujud dan tidak menghasilkan perpindahan kepemilikan atas apapun. ” (menurut Kotler dan Armstrong 2012)

Menurut Zeithaml dan Bitner dalam Lupiyoadi dan Hamdani (2011), menjelaskan bahwa ” Jasa adalah semua kegiatan ekonomi yang menghasilkan output tidak berupa produk fisik atau kontruksi yang secara umum dikonsumsi pada saat diproduksi, dan memberi nilai tambah dalam bentuk (seperti kenyamanan, hiburan, kesenangan atau kesehatan)”.

Menurut Lovelock dan Wright (2002), “A service is an act or performance offered by one party to another.  Although the process may be tied to a physical product, the performance is essentially intagible and does not normally result in ownership of any of the factors of production. Service are economic activities that create value and provide benefits for customers at specific times and places, as a result of bringing about a desired change in – or on behalf of – the recipient of the service”

Pengertian yang di jelaskan oleh Lovelock dan Wright yaitu bahwa  jasa merupakan suatu tindakan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain. Meskipun prosesnya sangat terkait dengan produk fisik, tapi performance jasa pada dasarnya adalah tidak berwujud (intangible) dan tidak mengakibatkan adanya kepemilikan dari produk jasa yang dihasilkan tersebut.  Sementara maksud pendekatan kedua jasa adalah aktivitas ekonomi yang dapat diciptakan nilai dan memberikan manfaat bagi pelanggan pada suatu tempat dan waktu tertentu, sebagai akibat dari perubahan keinginan/harapan/kepentingan penerima jasa.

adipro
adi.eleven@yahoo.co.id


Free Unlimited Hosting !! Call Now !!