KARAKTERISTIK JASA

KARAKTERISTIK JASA

Rangkuti (2003), mengatakan bahwa pemasaran jasa tidak sama dengan pemasaran produk. Pemasaran jasa lebih bersifat intangible dan immaterial karena produknya tidak kasat mata dan tidak dapat diraba, produk jasa dilakukan saat pelanggan berhadapan dengan petugas sehingga pengawasan kualitasnya dilakukan saat pelanggan berhadapan dengan petugas sehingga pengawasan kualitasnya dilakukan dengan segera, interaksi antara pelanggan dan petugas adalah penting untuk mewujudkan produk yang dibentuk.

Menurut Kotler dan Armstrong (2012), jasa memiliki empat karakteristik yang dapat di definisikan sebagai berikut :

1. Tidak Berwujud (Intangibility)

Jasa sangat berbeda dengan hasil produksi perusahaan. karena jasa Tidak dapat di lihat, diraba, didengar, ataupun di cium sebelum jasa itu di beli. Benda atau barang yang kita beli atau yang kita gunakan sehari-hari merupakan sebuah objek, sebuah alat atau sebuah benda, sedangkan jasa adalah perbuatan, penampilan atau sebuah usaha. Bila kita membeli barang atau benda maka kita dapat di pakai ataupun di simpan. namun berbeda dengan jasa apabila kita membeli jasa kita tidak akan memperoleh tambahan benda atau barang yang di bawa ke rumah. Walaupun penampilan jasa diwakili oleh wujud tertentu.

2. Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)

Pada umumnya jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama tidak seperti barang fisik yang di produksi, disimpan dalam persediaan, didistribusikan lewat berbagai penjualan dan baru kemudian dikonsumsi. Sedangkan jasa biasanya dijual dahulu kemudian diproduksi dan dikonsumsi secara serentak. Misalnya jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan penerbangan, calon penumpang membeli tiket, kemudian berangkat dan duduk dalam kabin pesawat, lalu pesawat diterbangkan ke tempat tujuannya, pada saat penumpang itu duduk dalam kabin pesawat, pada saat itulah jasa diproduksi.

3. Keberagaman (Variability)

Jasa sangat bervariasi karena tergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan serta dimana jasa itu dilakukan. Seperti halnya Jasa Pembuatan Website, Jasa Web Design, Jasa Seo, dan jasa-jasa lainnya.

4. Tidak Tahan Lama (Perishability)

Jasa tidak dapat disimpan, Seorang calon penumpang yang telah membeli tiket pesawat untuk suatu tujuan tertentu tetap dikenakan biaya administrasi, walaupun dia tidak jadi berangkat. Tidak tahan lamanya jasa tidak jadi masalah bila permintaan tetap. Tetapi jika permintaan berfluktuasi, perusahaan jasa menghadapi masalah yang rumit. Misalnya pada musim-musim puncak seperti liburan sekolah, tahun baru, musim haji atau hari raya, sebuah perusahaan penerbangan harus mempersiapkan armada pesawat lebih, berbeda dari permintaan dan penyediaan pesawat pada sepanjang bulan-bulan biasanya.

 

adipro
adi.eleven@yahoo.co.id


Free Unlimited Hosting !! Call Now !!