DEFINISI BISNIS

DEFINISI BISNIS

Bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pebisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan. Berdasarkan sejarah bisnis asalnya dari bahasa inggis yaitu business, busi yang berarti ( sibuk ) dalam konteks masyarakat, komunitas, maupun individu. Dalam artian, sibuk mengerjakan atau melakukan aktivitas yang mendatangkan keuntungan.

Di dalam ekonomi kapitalis, yang dimana kebanyakan bisnis dimiliki pihak swasta, bisnis yang di bentuk bertujuan mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Tetapi tidak semua bisnis hanya mengejar keuntungan saja, seperti bisnis koperatif yang tujuan nya mensejahterakan semua anggotanya. Model seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, yang dimana bisnis dikuasai pemerintah, serikat pekerja, atau masyarakat umum.

Secara etimologi, bisnis merupakan suatu keadaan dimana seorang atau sekelompok orang bekerja mencari keuntungan. penggunaan bisnis tergantung cakupannya diantaranya :

  1. Penggunaan singular, kata bisnis merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan hukum, ekonomis, dan teknis yang tujuan nya mencari keuntungan.
  2. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu misal ( bisnis pertelevisian ).
  3. Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang atau jasa.

Bentuk dasar dari kepemilikan bisnis

Meski bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda di setiap negaranya, namun ada beberapa bentuk yang di anggap umum diantaranya :

  1. Perseorangan, merupakan bentuk bisnis yang kepemilikannya di pegang oleh satu orang. Kelebihan dari perusahaan perseorangan yaitu sang pemilik mempunyai hak tak terbatas atas harta perusahaan, kekurangannya apabila perusahaan mengalami kerugian makan yang bertanggung jawab atas kerugian tersebut adalah pemilik perusahaan.
  2. Persekutuan, merupakan bentuk bisnis yang di kelola oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan keuntungan. Sama hal nya dengan perusahaan perseorangan setiap anggota mempunyai hak dan tanggung jawab yang tak terbatas. persekutuan dapat di kelompokan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
  3. Perseroan, merupakan bisnis yang di pegang beberapa orang dan diawasi dewan direktur. Setiap pemilik mempunyai kekuasaan yang terbatas.
  4. Koperasi, merupakan bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan berdasarkan prinsip koperasi dan sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. koperasi bertujuan mensejahterakan anggotanya. perbedaan koperasi dengan badan usaha lain yaitu koperasi mempunyai identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik dan pengguna jasa koperasi.

 

adipro
adi.eleven@yahoo.co.id


Free Unlimited Hosting !! Call Now !!